5 Danau Paling Dalam Di Indonesia



1. Danau Matano


Danau Matano adalah sebuah danau di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di ujung selatan pulau Sulawesidi kota Sorowaku, kabupaten uwu Timur. Danau ini memiliki kedalaman sejauh 600 m (1.969 kaki), 382 meter di antaranya di atas permukaan laut. Menurut WWF, danau ini adalah danau terdalam di Asia Tenggara serta terdalam kedelapan di dunia. Danau Matano bukan merupakan pembentukan dari beberapa anak sungai, tetapi terbentuk dari ribuan mata air sehingga tidak akan pernah mengalami kekeringan. Airnya sangat jernih. Sebagai sumber daya alam yang sangat potensial maka perusahaan tambang nikelterbesar kedua dunia, PT.INCO memanfaatkan buangan air dari Danau Matano sebagai PLTA untuk pemanfaatan di pabrik, dan juga untuk penggunaan oleh masyarakat. Danau matano sering dijadikan sebagai wisata saat berlibur.

2. Danau Toba


Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Memiliki keadalaman maksimum 529 meter. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

3. Danau Poso


Danau Poso merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Poso. Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dengan memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km. Danau ini terletak pada ketinggian 657 meter di atas permukaan laut dan memiliki kedalaman maksimum 450 meter. Danau yang tenang dan luas ini tempat peternakan ikan belut , ikan Sidat atau Sogili terbesar di Dunia, bisa sampai 2 mtr, dikelilingi alam perbukitan yang ditumbuhi tanaman cengkeh. Pada saat cengkeh berbunga (bulan Juni hingga November) pohon cengkeh akan mengeluarkan aroma harum bunga cengkeh. Sekitar danau masih dikawasan Desa Tentena, ditemukan Gua yang cukup dalam, sampai ke dasar danau. Disesa Bancea, desa dipesisir pantai danau dapat ditemukan Pelestarian Angrek terbesar di Indonesia yang ditemukan Angrek Hitam yang sangat khas dan hanya ada di daerah ini. Beberpa kilometer dari tentena di temukan Air terjun Salu Opa dan tempat pembuatan Sovenir Kayu Ebony.

4. Danau Dibawah


Sumatera memang memiliki banyak sungai yang mampu masuk jajaran sungai terpanjang di Indonesia, serta danau-danau yang mampu menduduki beberapa posisi 10 danau terdalam di Indonesia. Danau Dibawah adalah danau di Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak di 1°0′35″S 100°43′51″E / 1.00972°S 100.73083°E / -1.00972; 100.73083. Danau ini bersama-sama dengan Danau Diatas, yang dikenal sebagai Danau Kembar. Memiliki kedalaman maksimum 309 meter.

5. Danau Singkarak






Comments

Popular posts from this blog

Beberapa GameShow Dari Jepang Yang Populer Dan Sering Di tonton Di Indonesia

Fakta Pergaulan Remaja Indonesia

Bebrapa Fakta Yang Menarik Tentang Tubuh Wanita