5 Manfaat Spons Dalam Kehidupan Sehari Hari



Spons sangat sering identik dengan kegunaannya di dapur sebagai alat pencuci piring serba guna. Spons mungkin sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Busa berongga dengan tekstur yang berpori dan mampu menyerap baik air dan menyimpannya lebih lama juga karena permukaan spons yang lembut. Namun tahukah anda, selain pencuci piring spons memiliki berbagai kegunaan lebih yang bisa Kita ketahui. Tak hanya mampu menyerap air dengan baik, spons dengan tekstur lembutnya mampu menjadi pelindung baik benda-benda yang mudah pecah.

Spons dijual dengan berbagai ukuran dan berwarna – warni. Dalam kemasan biasa spons biasanya di satu sisi berwarna kuning dengan tekstur lembut dan sisi lainnya berwarna hijau dengan tekstur yang lebih kasar. Spons dengan manfaatnya yang serba guna, tentunya membantu pekerjaan sehari-hari terutama pekerjaan rumah tangga.

1. Pembersih kaca nako pada jendela rumah dan bangunan lainnya

Mulai sekarang Anda tak perlu khawatir dan repot-repot menggunakan kain basah yang tentunya tidak efektif membersihkan jendela khususnya yang terbuat dari kaca nako. Cukup menggunakan spons. Pertama siapkan 2 spons, gunakan spons dengan 2 sisi/lembar. Pakailah pisau atau gunting untuk membelah bagian antara sisi kuning dan hijau sisakan sedikit saja agar tidak terputus sepenuhnya. Pakailah capit dari bilah bambu atau mudahnya anda bisa menggunakan penjepit makanan sebagai capit. Masukkan kedua sisi penjapit pada setiap spons yang sudah dilubangi tersebut. Nah, kini Anda bisa membersihkan kedua sisi kaca nako secara bersamaan. Simpel sekali.

2. Tempat menyimpan jarum

Bagi Anda yang berhijab bahkan tukang jahit keberadaan spons dinilai sangat berguna sekali karena membantu menyimpankan jarum-jarum. Dibandingkan harus meletakkan dan menyimpannya pada wadah yang akan malah menyebabkan keribetan ketika akan mengambilnya, Anda dapat memakai spons sebagai penyimpan dengan menancapkan jarum-jarum pada spons.

3. Cuci tangan praktis, spons penyimpan sabun

Anda bisa menjadikan spons sebagai penyimpan sederhana sabun batang agar lebih praktis dan hemat ketika mencuci tangan. Untuk penggunaannya, sediakan satu spons. Gunakan gunting atau pisau mengiris sedikit bagian tengah spons. Kemudian masukkan sabun batangan yang telah disiapkan ke dalam lubang spons tersebut. Ketika akan menggunakannya, basahi sedikit spons dan cukup remas – remas maka secara otomatis busa akan keluar dengan sendirinya. Sangat memudahkan Kita mencuci tangan.

4. Penyimpan air sementara dalam pot tanaman

Menempatkan spons pada sisi bawah pot dapat membatu menyimpan air lebih lama sehingga Kita tidak perlu repot menyirami tanaman setiap saat. Penggunaan spons pada pot tanaman sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Spons dapat mengatur dan menyeimbangkan keperluan air bagi tanaman. Kelebihan air dalam tanah pada pot akan secara otomatis diserap spons sehingga mencegah kebusukan dan kelayuan tanaman. Juga kemudian air yang diserap spons dapat menjadi air cadangan yang sewaktu-waktu dibutuhkan tanaman.

5. Pembersih kipas angin

Kini anda tak perlu lagi repot membuka sisi kipas angin untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel dan mengendap. Cukup anda sediakan spons untuk membuat kipas angin mengkilap kembali. Caranya, iris menjadi kotak persegi atau menyerupai dadu bagian busa atau spons yang berwarna kuning. Iris spons namun jangan sampai terputus. Kemudian Anda sudah bisa langsung menggunakan spons yang telah diiris untuk membersihkan debu pada kipas angin dari luar. Cara ini sangat mudah dan membantu sekali, sehingga tidak perlu membuka kipas.

Comments

Popular posts from this blog

Beberapa GameShow Dari Jepang Yang Populer Dan Sering Di tonton Di Indonesia

Fakta Pergaulan Remaja Indonesia

Bebrapa Fakta Yang Menarik Tentang Tubuh Wanita